medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com
medialingkungan.com
www.yoursite.com
Pasang Iklan Baris disni info@medialingkungan.com

Tak Ingin Malu, Indonesia Siap Atasi Karhutla Saat Asian Games 2018

Published in Nasional
Selasa, 05 Juni 2018 05:00
  • Email
Ilustrasi kebakaran hutan di Pulau Sumatera (Gambar: Liputan6.com) Ilustrasi kebakaran hutan di Pulau Sumatera (Gambar: Liputan6.com)

Medialingkungan.com – Perhelatan Asian Games 2018 yang dilaksanakan di Jakarta dan Palembang akan segera bergulir pada bulan Agustus mendatang. Indonesia melalui Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah mempersiapkan diri mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menjadi salah satu perhatian khusus pemerintah menjelang perhelatan Asian Games 2018, apalagi salah satu kota yang menjadi tuan rumah berada di pulau Sumatera. Mengingat bahwa pulau Sumatera merupakan daerah yang memiliki hutan/lahan gambut cukup luas, sehingga daerah ini menjadi langganan karhutla hampir setiap tahunnya.

"Tahun ini kita jadi tuan rumah Asian Games, tidak hanya di Jakarta, tapi juga Palembang. Saya ingatkan lagi, jangan sampai saat perhelatan itu ada asap kebakaran hutan dan lahan," ujar Presiden Jokowi saat memberi pengarahan kepada peserta Rakornas Pengendalian Karhutla Tahun 2018, seperti dilansir oleh Tempo.co.

Ucapan Jokowi ini saarat akan reputasi (image) negara di mata negara-negara lain yang menjadi peserta Asian Games 2018. Menanggapi hal tersebut, Menteri LHK segera menginstruksikan kepada setiap komponen kementrian yang terkait untuk siap mengantisipasi karhutla di semua daerah rawan karhutla saat Asian Games berlangsung.

“Jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan ketika Asian Games ke-18 berlangsung. Kita harus menjaga reputasi negara sehingga semua wilayah harus dijaga dari karhutla, tidak hanya di Palembang,” ujar Menteri LHK saat pembukaan rapat penanganan krisis karhutla, seperti dilansir oleh laman resmi ppid.menlhk.go.id.

Berbagai persiapan dan upaya telah dilakukan oleh KLHK, khususnya Direktorat Pengendalian Kebakarakan Hutan dan Lahan (Direktorat PKHL), seperti patroli terpadu antara masyarakat, TNI dan Polri di provinsi-provinsi rawan karhutla, pengaktifan kembali posko-posko pengendalian karhutla, peningkatan sarana dan prasarana pendukung penanggulangan karhutla dan pelaksanaan kegiatan water bombing yang sampai saat ini telah menjatuhkan 6,5 juta liter air di pulau Sumatera.

Selain itu, satgas udara juga melakukan upaya pembuatan hujan buatan/TMC. Dari periode 16 Mei - 2 Juni 2018 total garam yang telah dijatuhkan sebanyak 27 ton yang terpusat di Sumatera Selatan. Dengan adanya berbagai persiapan pencegahan karhutla, diharapkan saat Asian Games 2018 berlangsung, Indonesia tidak terkabuti oleh asap, tetapi terkalungi oleh prestasi-prestasi para atletnya. (Wardiman Mas’ud)

Berita Terbaru

Dibaca Terbanyak

Opini

QR Code
Copy/Share link halaman ini